Ukraina dan Isu Boikot Euro

110 views

Ukraine's President Yanukovich Ukraina dan Isu Boikot Euro – Masalah isu HAM yang sedang panas di Ukraina, membuat Viktor Anukovynch selaku Presiden Ukraina perlu menanggapi hal tersebut. Anukovynch mengatakan bahwa Euro 2012 masih akan tetap berlangsung di Ukraina walaupun ancaman boikot dari negara-negara Eropa terus mengalir. Salah satu yang bereaksi keras atas isu HAM tersebut adalah Pemerintah Spanyol melalui Menteri Luar negeri Jose Manuel Garcia-Margallo. Dimana pemerintah Spanyol menyatakan siap memboikot turnamen Euro.

Dikatakan bahwa walaupun Spanyol menembus final namun dipastikan tak satupun pejabat negara yang akan hadir, jika Ukraina belum bisa menyelesaikan masalah terkait penahanan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko. Spanyol bahkan akan mempertimbangkan tidak tampil jika Eropa menyerukan kepada tim peserta untuk memboikotnya. Dan Spanyol, menurutnya sudah melakukan kontak dengan Polandia dan Jerman terkait isu tersebut.

Lalu siapakah YuliaTymoshenko itu? Tymoshenko adalah wanita berusia 51 tahun, dimana beliau menjadi oposisi utama Yanukovych. Dia terlibat kasus penyalahgunaan wewenang pada saat menjadi Perdana Menteri dan saat ini Tyoshenko dijatuhi hukuman penjara tujuh tahun.

Presiden Ukraina Viktor Yanukovych mengatakan, Euro akan tetap berlangsung di Ukraina. Politik adalah politik. Namun hidup adalah hidup, seperti yang dilansir oleh NDTV, Rabu (16/5/2012). Pada dasarnya Ukraina memang priharin atas masalah yang pada Tymoshenko. Namun, Yanukovych mengatakan, banyak beberapa politisi Eropa yang mendramatisir masalah ini sehingga begitu memprihatinkan.

Dimana banyak pihak Barat yang menganggap bahwa pemenjaraan Yulia yang dituduh menyalahgunakan kekuasaan itu lebih bersifat politis.Selain itu adanya dugaan penganiayaan terhadap Yulia saat di dalam penjara semakin memperburuk situasi yang ada. Kecaman dari berbagai pihak yang ditujukan ke Ukraina semakin tajam datang. Sementara Yulia melakukan aksi mogok makan untuk memprotes tindakan kekerasan tersebut, dan pihak pemerintah dan penjara menolak atas tuduhan peniayaan terhadap Yulia.

Kota Kharkov merupakan salah satu kota digelarnya Euro 2012. Namun Yanukovych mengungkapkan bahwa untuk persiapan Euro 2012, infrasruktur Ukraina sudah siap untuk menjadi tuan rumah dalam turnamen tersebut. Direncanakan bahwa Euro akan dimulai pada tanggal 8 Juni nanti.

Tags: #Euro tetap berlangsung di Ukraina #Ukraina dan Isu Boikot Euro #Ukraina tak terpengaruh Isu Boikot Euro