Wolverhampton

185 views

Profil dan Sejarah Wolverhampton – Pemain Wolverhampton – Wolverhampton Wanderers Football Club atau sering juga disebut Wolves merupakan klub sepak bola profesional Inggris yang mewakili kota Wolverhampton di wilayah West Midlands. Klub ini bermain di Liga Premier yang merupakan tingkat kompetisi tertinggi sepakbola Inggris. Klub ini didirikan pada tahun 1877 dan sejak 1889 bermain di Molineux. Secara historis, Wolves telah sangat berpengaruh, terutama sebagai anggota pendiri Football League, serta memiliki peran penting dalam terbentuknya Piala Eropa yang kemudian menjadi Liga Champions yang dikenal saat ini.

Woves telah memenangkan Piala FA dua kali sebelum pecahnya Perang Dunia Pertama. Di bawah pengelolaan mantan pemain legendaris Stan Cullis setelah Perang Dunia II, klub ini memenangi liga tiga kali dan FA Cup dua kali antara tahun 1949 dan 1960. Saat Piala Eropa didirikan, setelah pers Inggris menyatakan Wolves “Champion of the World”, klub ini menyusul kemenangannya melawan klub terbesar Eropa dan Dunia yaitu Afrika Selatan, Racing, Spartak Moskow, dan HonvĂ©d, di dimana saat itu pertama kalinya sepak bola disiarkan di televisi.

Setelah keberhasilan era Cullis Stan, Wolves masih memenangkan Piala Liga tahun 1974 di bawah Bill McGarry dan pada tahun 1980 di bawah John Barnwell. Namun Wolves mengalami penurunan hingga ke Divisi Keempat di tahun 1986. Sembilan belas tahun klub ini tidak bertarung di kompetisi papan atas inggris, akhirnya manajer memandu klub untuk dipromosikan ke Liga Premier. Klub ini akhirnya masuk ke Premier League pada tahun 2009 sebagai juara Championship League pada tahun itu dan bertahan hingga sekarang. Terry Connor menjadi pengganti Manager Wolves yang dipecat, Mick McCarthy, hingga sisa musim ini.

Panggilan : Wolves
Didirikan : 1877 dengan nama St. Luke’s
Ground : Molineux Stadium, Wolverhampton
Pemilik : Steve Morgan
Ketua : Steve Morgan
Manager : Terry Connor

Tags: #Wolverhampton