Prancis Berharap Tembus Perempat Final

78 views

Ambisi Prancis untuk menjadi juara di EURO 2012 ini nampaknya harus dikubur jauh-jauh, karena tim Les Blues ini hanya menargetlkan sampai perempatfinal saja. Kenapa demikian, hal ini disebabkan karena Prancis telah babak belur di Euro 2008 dan Piala Dunia Afrika Selatan 2010. Target tersebut merupakan sangat objektif bagi Prancis, walaupun pada dasarnya kini skuad Les Bleus telah melakukan banyak perubahan dibeberapa penampilannya. Hal ini dikarenakan Prancis merasa dipermalukan karena telah dipaksa keluar dari Afrika Selatan 2010 lalu oleh Meksiko dan Afrika Selatan.

Seusai Piala Dunia, Prancis mencoba untuk bangkit lagi. Pada awalnya kekalahan terus menghampiri Prancis, dengan kalah dengan Norwegia di laga persahabatan (2-1) serta terpuruk di kualifikasi Piala Eropa saat menghadapi Belarusia. Namun hal tersebut berangsur-angsur membaik di dalam timnas. Dengan masuknya Blanc ke Les Blues, dimana ia menggantikan Raymond Domenech, terbukti membuat suasana di ruang ganti semakin kondusif. Hal ini terlihat sangat kontras jika dilihat pada saat Prancis berada di Afrika Selatan di mana Raymond Domenech berseteru dengan sebagian besar pemain yang dipicu oleh pengusiran Nicolas Anelka.

Di kualifikasi Euro, Prancis menjadi pemuncak grup C dengan poin 21, mengungguli Bosnia, Romania, Belarusia, Albania dan Luxemburg. Seperti yang dikutip Ligue1, Clairefontaine, Jumat (25/5/2012).
yang mengatakan bahwa tim Pramcis masih berharap bisa mencapai perempatfinal dulu, itu yang penting. Dimana Blanc mengklaim bahwa Federasi Sepakbola Prancis (FFF) juga tidak menargetkan secara spesifik kepada Prancis di Euro 2012 nanti. Blanc pun mencoba mengingatkan publik bahwa dalam dua turnamen terakhir Prancis gagal menembus fase grup.

Rencananya tanggal 27 Mei nanti, Blanc akan mengumumkan 23 anggota skuad finalnya setelah Les Bleus menghadapi Islandia. Diharapkan setelah laga tersebut, dia sudah mendapatkan 11 pemain inti untuk melakoni laga pembuka di Grup D menghadapi Inggris. Di Grup D juga dihuni Inggris, Ukraina, dan Swedia. Pada tanggal 5 Juni nanti Perancis akan melakukan uji coba menghadapai Estonia sebelum melangkah ke Euro. Dalam hal ini Blanc merasa belum puas dengan penampilan Prancis. Masih banyak hal yang menurut dia harus dibenahi, terutama secara taktik. Blanc menginginkan pemainnya mempertahankan gaya permainan selama ini saat menguasai bola.

Di laga persahabatan November lalu, Blanc belum melihat para pemainnya melakukan itu sesuai harapannya. Blanc juga mengatakan bahwa tim Perancis harus meningkatkan penguasaan bola. Di kualifikasi, bagus, tapi secara keseluruhan, itu hal yang biasa. Sampai saat ini Blanc masih menjagokan Spanyol sebagai kandidat kuat juara.

Tags: #Prancis Berharap Tembus Perempat Final