De Oranje tampil maksimal dengan 6 gol

127 views

De Oranje tampil maksimal dengan 6 gol – Dalam laga uji coba terakhir timnas Belanda menunjukkan kekuatannya dengan mengalahkan Irlandia. De Oranje tampil maksimal dengan 6 gol, dimana ini merupakan bukti bahwa Belanda adalah salah satu kandidat kuat juara Euro 2012.

Memang kapasitas Belanda sempat diragukan ketika mereka kalah 1-2 dari Bulgaria di laga uji coba perdana jelang Euro. Namun, skuad besutan Bert van Marwijk langsung menjawab kritikan tersebut dengan meraih dua kemenangan meyakinkan. Pertama, mereka menumbangkan Slovakia 2-0, dan kali ini di laga uji coba terakhirnya mereka mencetak setengah lusin gol ke gawang Irlandia Utara, tanpa kebobolan.

Tampil di hadapan 45.000 fans yang memadati Amsterdam Arena, Minggu (3/6/2012) dini hari WIB, Belanda langsung tampil menyerang. Robin van Persie yang jadi ujung tombak andalan di lini depan, sukses merepotkan barisan belakang Irlandia Utara.

Laga baru memasuki menit ke-11, striker andalan Arsenal sudah mengoyak gawang Irlandia. Memanfaatkan sebuah sepak pojok, Van Persie yang berdiri di tiang jauh sukses membobol gawang Lee Camp. Tak butuh waktu lama bagi Belanda untuk menggandakan keunggulan. Pada menit ke-15, Wesley Sneijder melepaskan tendangan bebas akurat yang tak kuasa dibendung Camp.

Unggul 2-0, Belanda kian bersemangat menggempur pertahanan Irlandia. Gempuran demi gempuran terus dilancarkan tim finalis Piala Dunia 2010 ini. Top Scorer Premier League, Van Persie, mencetak gol keduanya pada menit ke-29 lewat titik putih. Belanda kian menjauh 3-0.

Terus menekan, Belanda menutup paruh pertama laga dengan skor 4-0, lewat gol Ibrahim Affelay di menit ke-37. Winger Barcelona ini sukses memaksimalkan umpan Arjen Robben dan dengan tenang menceploskan gol keempat De Oranje.

Memasuki paruh kedua laga, Belanda langsung menggebrak dan menambah pundi-pundi golnya di menit ke-51. Memanfaatkan serangan balik cepat, Robben mengirim umpan ke Van Persie yang kemudian meneruskannya ke Affelay. Tanpa kesulitan, pemain yang musim lalu banyak duduk di bangku cadangan Barcelona ini mencetak gol keduanya sekaligus membawa Belanda memimpin 5-0!

Belanda belum juga puas meski telah lima kali membobol gawang Irlandia. Sebuah gol tambahan berhasil disarangkan bek Ron Vlaar di menit ke-78. Tandukan mematikan bek Feyenoord, memaksimalkan umpan sepak pojok Affelay, memastikan kemenangan 6-0 Belanda.

De Oranje tampil maksimal dengan 6 gol maka kemenangan ini jelas menjadi modal berharga tim negeri Kincir Angin jelang pertarungan sebenarnya di Euro 2012. Seperti kita ketahui, Belanda tergabung di grup maut (Grup B) bersama dengan Portugal, Denmark dan juara tiga kali Jerman. De Oranje akan mengawali kiprahnya di fase grup dengan menghadapi tim Dinamit, Denmark (10/6), kemudian Jerman (15/6) dan lawan Portugal di laga penentuan, 19 Juni 2012.

Tags: #De Oranje tampil maksimal dengan 6 gol