Top Skorer Piala Eropa 2012?

138 views

Top Skorer Piala Eropa 2012? Pertanyaan itu sekilas akan muncul dibenak penggemar sepak bola dunia. Di kompetisi domestik, nama-nama seperti Robin van Persie, Mario Gomez, Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema sukses mendulang banyak gol. Di Euro 2012, lalu siapa yang akan dapat status top skorer Piala Eropa 2012?

Meski kalah dari Lionel Messi, jumlah 46 gol yang dibuat Cristiano Ronaldo bersama Real Madrid di Liga Spanyol pada musim yang baru saja lewat tetaplah fenomenal. Di Piala Eropa 2012, dia menjadi pemain dengan jumlah gol liga domestik terbanyak.

Pemain lain yang tampil gemilang di liga adalah Robin van Persie. Jadi pilar utama Arsenal, pemain depan Belanda itu menyumbang 30 gol dari 38 pertandingan. ‘Singa Oranye’ punya pemain lain yang punya produktivitas sangat tinggi, dia adalah Klaas-Jan Huntelaar yang menyumbang 29 gol untuk Schalke 04 di Bundesliga.

Jerman dan Spanyol, yang jadi kandidat kuat juara Piala Eropa 2012, juga punya pencetak gol ulung di timnya masing-masing. Mario Gomez akan jadi andalan Der Panzer setelah di musim yang baru saja berlalu dia 26 kali menjebol gawang lawan.

Sementara Spanyol, yang ditinggal David Villa, punya Fernando Llorente. Meski ‘cuma’ membuat 17 gol bersama Athletic Bilbao musim lalu, di Polandai-Ukraina Llorente punya kans besar bikin banyak gol karena didukung tim yang jauh lebih solid.

Dengan mempertimbangkan jumlah gol yang dibuat pada kompetisi domestik dan dukungan yang akan didapat dari timnasnya di Piala Eropa, beberapa nama kemudian muncul sebagai kandidat kuat peraih gelar top skorer Piala Eropa. Pandangan serupa terlihat di beberapa rumah taruhan di Eropa.

William Hill menempatkan Mario Gomez di posisi teratas calon peraih gelar top skorer dengan diberi koefisien 8/1. Sementara Robin van Persie ada di belakangnya setelah dapat koefisien 10/1.

Meski datang dengan bekal sebagai pemain dengan jumlah gol domestik terbanyak, Ronaldo cuma bisa berada di posisi tiga dengan posisi 12/1. Sementra Fernando Llorente ada di urutan empat (14/1), dan diikuti Karim Benzema (14/1), serta Klaas-Jan Huntelaar (14/1).

Kondisi serupa terlihat di bet365. Dukungan yang didapat dari skuad Jerman plus ketajaman di kotak penalti lawan membuat Gomez jadi unggulan utama untuk jadi top skorer. Striker 26 tahun itu dapat koefisien 7/1.

Berada di posisi kedua adalah Van Persie dengan koefisien 9/1, dan diikuti Cristiano Ronaldo pada posisi 12/1. Meski sudah berusia 33 tahun, Miroslav Klose masih masuk jadi kandidat top skorer setelah dia duduk di posisi empat dengan koefisien 14/1, sama dengan Llorente dan Karim Benzema.

Jadi, siapa jadi top skorer Piala Eropa 2012?

Tags: #Top Skorer Piala Eropa 2012?