Langkah awal Yunani

88 views

Langkah awal Yunani –  Dalam Piala Eropa 2012 ini, langkah awal Yunani dalam pertandingan pertamanya ia menorehkan beberapa catatan diantaranya adalah ia nyaris kalah dengan Polandia, nyaris menang, gagal penalti, telah mendapat kartu merah, dan satu hal lagi yaitu seorang pemainnya saat ini tidak bisa main lagi.

Memang dalam Jumat (8/6/2012) lalu, tuan rumah Polandia sebagai pembuka laga pertandingan Piala Eropa 2012 ini. Dimana dalam laga perdana tersebut Yunani hampir saja kehilangan angka pada menit yang ke 17 ketika gawang mereka kebobolan berkah sundulan Robert Lewandowski. Yunani juga harus kehilangan datu pemain yaitu Sokratis Papastathopoulos. Dan di akhir babak pertama Papastathopoulus menerima kartu kuning untuk kedua kalinya dan mengharuskan ia untuk keluar dari pertandingan.

Dalam laga tersebut memang Yunani mengahadapi tekanan yang sangat tinggi, namun Yunani mampu bangkit kembali. Setelah enam menit berselang setelah istirahat, Yunani mampu menyamakan kedudukan melalui Dimitris Salpingidis dan berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1 – 1.

Kemudian keadaan berubah, dimana Yunani berbalik menekan Polandia. Pada menit yang ke-69 kiper Polandia Wojciech Szczesny diusir pula dari lapangan. Dengan demikian maka jumlah pemain kembali sama: 10 lawan 10. Yunani mampu mendapatkan hadiah penalti, namun sayangnya gagal dan diubah menjadi gol oleh kapten Giorgos Karagounis. Tembakannya mudah dibaca dan diblok kiper pengganti, Przemyslaw Tyton. Pelatih Yunani Fernando Santos mengatakan bahwa ia Cuma gagal dan hal ini biasa terjadi dalam sepak bola maka kita tidak merasa perlu melebih-lebihkan insiden penalti Karagounis tersebut.

Namun faktanya, Yunani telah gagal dalam mencetak gol dari tendangan penalti tiga kali berturut-turut. Mereka mendapatkan dua penalti di laga ujicoba melawan Armenia akhir bulan lalu, tapi Giorgos Samaras dan Kostas Katsouranis juga tak bisa menaklukkan kiper lawan. Gelandang berusia 35 tahun itu menolak mengomentari hukuman kartu merah pada Sokratis, yang oleh sebagian pengamat dinilai tidak layak.

Selain itu Yunani juga kehilangan satu pemainnya karena cedera. Bek asal Olympiakos, Avraam Papadopoulos akan segera dipulangkan untuk mendapatkan perawatan yang lebih intensif. Cedera di menit 37, ia langsung dibawa ke rumah sakit. Hasil scan menunjukkan, ligamen di lutut kirinya putus. Maka beberapa langkah awal Yunani diatas semoga menjadi pelajaran bagi timnas Yunani agar lebih berhati-hati lagi dalam laga selanjutnya.

Tags: #Langkah awal Yunani