Belanda di ujung tanduk

98 views

Belanda di ujung tanduk – Nampaknya di Piala Eropa 2012 ini kiprah Belanda diujung tanduk. Karena telah dikalahkan Jerman dengan skor 1-2 maka hanya keajaiban sehingga membuat skuad de Oranje ini berhasil masuk ke permpat final. Sedangkan untuk lawannya, Jerman dapat melenggang mulus melaju ke babak berikutnya. Pada Kamis (14/6/2012) dini hari bertempat di Metalist Kharkiv Stadium, Ukraina Belanda melakukan penyerangan terus ke kubu Jerman.

Dengan dibela oleh tim yang sama ketika dikalahkan Denmark, Belanda masih tampil lebih baik. Pada menit ke-5, Robin van Persie mendapat peluang emas pertamanya ia mampu menerima umpan jauh, namun sayangnya tendangan striker Arsenal masih melenceng malah mengarrah kepada penjaga gawang Der Panzer, Manuel Neuer. Di menit ke-10, RvP kembali menebar ancaman. Namun, kali ini sepakan kaki kanannya masih menyamping.

Dalam pertandingan tersebut Belanda Nampak agresif dalam melakukan serangan. Namun pada menit ke-24 , Belanda malah kecolongan gol dimana Thomas Muller bekerja sama dengan Bastian Schwinsteiger yang kemudian melepaskan umpan terobosan matang ke Mario Gomez. Dengan kontrol bola yang menawan, Super Mario sukses mencetak gol keduanya di turnamen ini. Tendangan kaki kanannya gagal dibendung Stekelenburg, sehingga menghasilkan skor Jerman 1-0 Belanda.

Dengan kecolongan poin di awal membuat Belanda kebakaran jengkot, dengan tendangan keras Arjen Robben dari luar kotak penalti. Namun, Neuer sigap dalam membendung tendangan geledek rekan setimnya di Bayern Munich itu. Pada menit ke 36, Scwheinsteiger dengan jeli mengirim umpan terobosan kepada Mario Gomes di sisi kotak penalti. Tanpa banyak aksi, Super Mario melepaskan tembakan keras yang bersarang di tiang jauh tanpa mampu dibendung Stekelenburg. Der Panzer kian di atas angin dengan keunggulan 2-0.

Dengan keunggulan di pihak Jerman ini maka membutuhkan tiga gol untuk membalikkan keadaan. Van Marwijk melakukan dua perubahan di babak kedua. Klaas Jan Huntelaar dan Rafael van der Vaart dimasukkan guna menambah daya gedor. Belanda mencoba membongkar rapatnya pertahanan Jerman, Belanda akhirnya sukses memecah kebuntuan di menit ke-72. Robin van Persie menghidupkan kembali harapan Belanda lewat tendangan keras kaki kanan yang tak mampu dijangkau Neuer. Skor berubah 1-2.

Sayang, hingga wasit meniup peluit panjang, skor 2-1 tak berubah. Dengan hasil ini maka Belanda diujung tanduk dan Jerman pun kian nyaman di puncak klasemen dengan enam poin, hasil dua kemenangan. Skuad Joachim Low hanya butuh hasil imbang melawan Denmark di laga terakhir untuk memastikan diri lolos ke perempatfinal. Walaupun kalah, namun Belanda tetap punya peluang lolos. Dengan syarat, di pertandingan terakhir, mereka sukses menang besar atas Portugal, sementara di pertandingan lain Denmark kalah dari Jerman.

Tags: #Belanda di ujung tanduk