Chievo

149 views
Chievo,5 / 5 ( 1votes )

Profile dan Sejarah Chievo – Pemain Chievo – Associazione Calcio Chievo Verona atau lebih umum disebut Chievo Verona atau hanya Chievo saja merupakan klub sepak bola profesional Italia ternama yang berbasis di Chievo pinggiran Verona, Veneto. Klub ini dimiliki oleh Paluani, sebuah perusahaan kue yang menjadi inspirasi bagi nama asli mereka, Paluani Chievo. Klub ini memiliki julukan lain Gialloblu, Mussi volanti atau CEO, dan memiliki markas di stadion Marc’Antonio Bentegodi dengan 38.402 tempat duduk bersama dengan klub saingannya, Hellas Verona.

Klub ini cukup lama bertahta di liga Italia serie A, namun juga pernah mencicipi serie D, C dan B. Chievo masih baru beranjak dari klub kecil menjadi petarung di kompetisi serie D pada tahun 1975, naik lagi ke serie C pada tahun 1986, dan akhirnya menduduki serie B tahun 1997. Dengan pelatihan yang sangat ketat oleh Luigi Delneri, Chievo dapat masuk ke Liga Italia Serie A setelah musim 2000-01 setelah berada di posisi ketiga serie B. Walaupun begitu tidak mudah bertahan di Serie A. Klub ini harus jatuh lagi di divisi yang lebih rendah dan kembali lagi di Serie A tahun 2008. Pada musim pertama mereka kembali ke papan atas, Chievo segera berjuang di liga mengakibatkan pemberhentian Iachini yang digantikan oleh mantan bos Parma, Domenico Di Carlo. Setelah pengangkatan Di Carlo., Chievo berhasil mengalami kebangkitan luar biasa yang dipimpin yang Gialloblu dari zona degradasi setelah hanya mengumpulkan 9 poin dari 17 pertandingan pertama mereka.

Serangkaian perjuangan keras telah di berikan untuk dapat bertahan di Serie A dengan melawan klub papan atas seperti AS Roma, Inter dan Genoa. Di musim 2011-12 ini Cievo berusaha menjauhkan diri dari zona degradasi. Serie A musim 2010-11 menjadi musim ketiga berturut-turut mereka dan musim kesembilan dalam sepuluh tahun terakhir dalam sepak terjangnya di kompetisi sepak bola Italia. Warna kostum mereka yang sebenarnya di awal berdirinya klub ini adalah biru dan putih. Namun kini telah berubah menjadi biru dan kuning seperti warna logo Chievo.

Panggilan : Gialloblu (Yellow-Blues), Mussi Volanti (“Flying Donkeys” in Venetian language), Ceo (“Chievo” in Venetian)
Didirikan : 1929
Stadion : Stadio Marc’Antonio Bentegodi, Verona, Italy
President : Luca Campedelli
Kepala pelatih: Domenico Di Carlo

Tags: #Chievo