Pinalti mengantar Spanyol ke Final

97 views

Pinalti mengantar Spanyol ke Final – Babak semifinal yang mempertemukan Portugal  dengan Spanyol pada Kamis (28/6/2012) dini hari. Spanyol mampu melaju ke babak final Piala Eropa 2012 setelah melewati 90 menit waktu normal dan dua kali extra time. Portugal mampu mengalahkan Spanyol lewat adu penalti dengan skor 4-2.

Bertempat di Donbass Arena, baik Spanyol dan Portugal bermain tanpa gol di babak pertama dan kedua plus 2×15 menit perpanjangan waktu. Dan akhirnya laga harus diselesaikan lewat adu penalti. Di babak tos-tosan, dua penendang Portugal gagal menunaikan tugas sementara hanya Xabi Alonso yang gagal dari kubu Spanyol.

Pada menit-menit awal, Portugal mengambil inisiatif serangan dan mereka mendapat sepak pojok di menit ke-2. Eksekusi Miguel Veloso nyaris menjebol gawang andai Iker Casillas tak menepis bola. Spanyol baru bisa mendapat peluang pertamanya di menit ke-9. Diawali pergerakan Andres Iniesta, bola berhasil mencapai kaki Alvaro Negredo yang kemudian menyodorkan ke Alvaro Arbeloa. Bola lantas disepak namun masih melayang tipis di atas gawang Rui Patricio.

Portugal berhasil membuat Spanyol kesulitan mengembangkan permainannya dan lebih banyak memainkan bola-bola panjang, yang bukan ciri khas Spanyol. Satu peluang lagi didapat Spanyol di menit 29 ketika Iniesta yang mendapatkan bola di sisi kanan pertahanan Portugal melepaskan sepakan melengkung ke tiang jauh, tapi sayang masih tak menemui sasaran.

Pada menit ke 31, Ronaldio nyaris menjebol gawang Spanyol. Ia mendapat bola di depan kotak penalti, sepakan kerasnya masih menyamping di sisi kiri gawang. Belum ada skor di babak pertama. Babak kedua dimulai kedua tim masih belum bisa membuat peluang berbahaya di depan gawang gawang. Babak kedua telah dilalui namun belum satupun gol yang dihasilkan oleh kedua tim. Dan laga harus berlanjut dengan extra time 2×15 menit.

Kedua tim memang sama-sama mendapat peluang yang sama, namun belum menghasilkan gol sama sekali hingga berakhirnya extra time. Dengan demikian maka laga akan berlangsung dengan adu pinalti. Xabi Alonso yang maju sebagai eksekutor pertama gagal setelah sepakannya ditepis Patricio. Nasib serupa dialami Joao Moutinho yang tembakannya digagalkan Casillas.

Selanjutnya tiga penendang Spanyol sukses dan dua penendang Portugal pun begitu. Sampai akhirnya Bruno Alves sebagai penendang keempat gagal menunaikan tugas setelah bola menghantam tiang. Fabregas sebagai penendang kelima dengan tenang mengeksekusi bola ke gawang Patricio meskipun si kulit bundar sempat menghantam tiang bagian dalam sebelumnya. Dan akhirnya Spanyol menang dengan skor 4-2 dan berhasil menuju kebabak final

Tags: #Pinalti mengantar Spanyol ke Final