Spanyol bermain full time di Final

134 views

Spanyol bermain full time di Final – Seperti yang diketahui bahwa pada saat berhadapan dengan Portugal Spanyol mendapatkan kartu kuning atas pelanggaran yang dilakukan oleh Sergio Ramos, Xabi Alonso dan Alvaro Arbeloa. Namun pada perempatfinal, terdapat pemutihan sehingga Spanyol bermain full time di Final nanti.

Ada empat pemain Spanyol mendapat kartu kuning saat La Furia Roja menang 4-2 atas Portugal melalui adu penalti dinihari tadi. Selain Ramos, Alonso dan Arbeola, satu nama lainnya adalah Sergio Busquets. Dan untuk Ramos, Alonso dan Arbeola,mereka mendapatkan kartu kuning untuk kedua kalinya sepanjang turnamen.

Ketiga pemain itu harusnya mendapat larangan bertanding satu kali. Berdasarkan peraturan UEFA yang menyebutkan bahwa akumulasi kartu kuning hanya berlaku sampai babak perempatfinal. Dengan demikian maka pasca laga semifinal tadi pagi, Ramos, Alonso dan Arbeola yang baru mengumpulkan satu kartu kuning dan dipastikan masih bias unjuk kebolehan di final.

Kondisi serupa berlaku juga buat Jerman atau Italia, yang baru akan menjalani laga semifinal dinihari nanti. Kecuali ada pemain yang kena kartu merah, Azzurri dan Der Panzer bisa menurunkan seluruh pemain tanpa ada yang terkena hukuman akumulasi. Namun untuk Italia dan Jerman ada kemungkinan terhalang dengan kondisi fisik pemainnya. Untuk kubu Azzurri, Giorgio Chiellini, Ignazio Abate dan Daniele De Rossi dikabarkan telah mengalami cedera. Sedangkan Bastian Schweinsteiger juga sempat bermasalah dengan kondisi fisiknya.

Untuk Piala Eropa 2012 ini ada beberapa poin utama regulasi UEFA terkait hukuman dan akumulasi kartu di Piala Eropa 2012:

  • Pemain yang dapat kartu merah otomatis dilarang bertanding untuk satu laga berikutnya. Hukuman bisa menjadi lebih berat jika komite disiplin UEFA memutuskan demikian.
  • Setiap pemain yang menerima dua kartu kuning di dua dari tiga pertandingan fase grup, plus laga perempatfinal akan dilarang bertanding untuk satu pertandingan berkutnya.
  • Di babak semifinal, setiap pemain yang mendapat kartu kuning akan dihitung sebagai kartu kuning pertama.
  • Ini artinya, pemain hanya akan terkena larangan berlaga di final jika dia dapat kartu merah di semifinal, atau mendapat hukuman berat lain yang diputuskan komite disiplin UEFA sebelumnya atas sebuah insiden.
  • Hukuman terkait kartu kuning tidak akan berlaku untuk Kualifikasi Piala Dunia (2014).

Semoga dengan Spanyol bermain full time di Final dapat memberikan kontribusi terbaiknya untuk final nanti…

Tags: #Spanyol bermain full time di Final