Kekalahan Italia

149 views

Kekalahan Italia – Final antara Spanyol dan Italia menggoreskan akhir yang buruk bagi Italia untuk Piala Eropa 2012 ini. Dengan tidak memperoleh skor satupun kekalahan Italia menjadikannya harus berbangga diri hanya menjadi runner-up. Terlepas dari superiornya Spanyol, Gli Azzurri layak mengutuki nasib sial yang memayungi mereka di Kiev.

Pada semifinal lalu Italia memang telah mendapatkan banyak sanjungan setelah mengalahkan Jerman dengan skor 2-1. Namun sayangnya di laga puncak Italia tidak bias melepaskan bayang-bayang Spanyol di Piala Eropa 2012 ini. Dalam pertandingan yang digelar sekitar 90 menit itu Gli Azzurri menjadi pihak yang kalah dengan skor akhir 0-4.

Pada menit ke 14, Gol cepat dari David Silva menjadikan Italia patah keyakinan. Ditambah lagi Andres Iniesta dkk tampil nyaris tanpa cela di sepanjang pertandingan. Dengan demikian hanya dewi fortuna yang dibutuhkan saat itu. Namun malang tak dapat dipungkiri bahwa Italia kehilangan dua pemain karena cedera di masing-masing babak.

Pada menit ke-20, Giorgio Chiellini merupakan pemain pertama yang cedera dan ia tidak dapat melanjutkan permainan dan telah digantikan oleh Federico Balzaretti. Seperti yang diketahui bahwa Chiellini merupakan benteng pertahanan Italia yang dijagokan. Sedangkan pada babak kedua, Thiago Motta dihadang masalah hamstring.

Dengan demikian maka beban berat dihadapi oleh Italia. Hal ini dikarenakan Azzurri ketika itu butuh mengejar ketinggalan dua gol, dan sialnya, Motta baru lima menit masuk lapangan dan merupakan pergantian ketiga yang dilakukan Cesare Prandelli. Motta sempat terlihat masuk ke lorong menuju ruan ganti pemain setelah ditandu keluar lapangan. Tapi dari sana dia ternyata tak kembali. Itu membuat Italia harus bermain dengan 10 orang sejak menit 60.

Italia yang gagal mengimbangai Spanyol dalam posisi 11 lawan 11 makin dibuat kepayahan usai Motta keluar lapangan. Dan yang terjadi kemudian adalah apa yang dicatat sejarah, Spanyol jadi juara Eropa untuk kali kedua secara beruntun setelah menang 4-0. Semoga dengan kekalahan Italia ini maka ia mampu berbenah.

Berikut Statistik Pertandingan Timnas Spanyol vs Timnas Italia:
Laga: Spanyol vs Italia
Venue: Olympic Stadium (Kiev)
Jumlah Penonton: 63170
Skor: 4 – 0
Pencetak Gol: Spanyol: David Silva (14’), Jordi Alba (41’), Fernando Torres (84’), Juan Mata (88’) ; Italia: -.
Ball Possesion: 52 % – 48 %
Sepak Pojok: 3 – 3
Tendangan ke gawang: 9 – 6
Tendangan melenceng: 5 – 5
Pelanggaran: 17 – 10
Offside: 3 – 3
Kartu Kuning: Spanyol: Gerard Pique (25’) ; Italia: Andrea Barzagli (45’)
Kartu Merah: –

Tags: #Kekalahan Italia