Kiblat Sepakbola Dunia

125 views

Kiblat Sepakbola Dunia – Dahulu kiblat sepak bola dunia mengacu kepada Negara Brasil atau Argentina. Namun kini dengan prestasi yang telah diraih Spanyol telah dijadikan sebagai contoh untuk dapat meraih kesuksesan dalam sepakbola modern.

Seperti yang kita ketahui Brasil memiliki segudang pemain dengan talenta diatas rata-rata. Sehingga banyak sekali pemain sepak bola yang di ekspor dari negara Amerika Latin tersebut ke seluruh penjuru dunia. Begitu pula dengan Argentina yang prestasinya serupa dengan Brasil dan tak pernah kehabisan bakat-bakat hebat di setiap eranya.

Namun selam empat tahun terakhir ini, Spanyol dibawah nauangan Mano Menezes, membuat La Furia Roja dilabeli kekuatan baru di dunia sepakbola.  Dengan gaya bermain tiki-taka yang dibalut permainan indah khas Amerika Latin, negara di Semenanjung Iberia itu meraih tiga titel turnamen mayor yang belum pernah dilakukan negara mana pun.

Bahkan Menezes tak canggung meminta Brasil meniru apa yang sudah dilakukan Spanyol itu. Seperti dulu banyak tim yang mengopi Joga Bonito ala Selecao. Namun gaya tiki-taka juga banyak mengundang kontroversi dan kritikan di saat Piala Eropa berlangsung. Dimana salah satunya adalah gaya tersebut dianggap terlalu monoton sehingga membosankan bagi orang yang melihatnya.

Spanyol telah meraih prestasi lagi setelah tim seniornya jadi kampiun Piala Eropa, kini tim Matador U-19 juga memposisikan dirinya sebagai tim yang terbaik di Benua Biru.Dalam final pada hari Minggu (15/7/2012) kemarin Spanyol menjadi juara setelah berhasil mengalahkan Yunani di final. Dalam laga di Lillekula Stadium, Tallinn, Estonia, tim yang dilatih Julen Lopetegui ini menang tipis 1-0.

Dimana satu-satunya gol pada menit ke 80 dicetak oleh Jese Rodriguez. Usai menerima umpan matang dari Gerard Deulofeu, Jese dengan dingin memperdaya kiper lawan. Dengan demikian untuk ajang Piala Eropa U-19, Spanyol jadi juara enam kali sejak turnamen tahunan ini digelar mulai 2002. Dimana tahun lalu, mereka juga jadi juara setelah menaklukkan Republik Ceko di partai puncak.

Selain itu kiblat sepak bola dunia tetap mngerah ke Spanyol karena Jese juga menjadi top skorer di putaran final. Penyerang milik Real Madrid ini mencetak lima gol dalam empat penampilan di turnamen ini dan mengungguli Giorgos Katidis (tiga gol).

Tags: #Kiblat Sepakbola Dunia