Profile dan Sejarah Klub Atlético Madrid

393 views

Profile dan Sejarah Klub Atlético Madrid – Club Atlético de Madrid yang umumnya dikenal sebagai Atlético Madrid, merupakan sebuah klub sepak bola spanyol Spanyol yang berbasis di Madrid dan bermain di La Liga. Atlético telah memenangkan La Liga dan Copa del Rey pada sembilan kesempatan, termasuk gelar ganda yang diraih pada tahun 1996. Di level Eropa, klub ini memenangkan Piala Winners Cup Eropa pada 1962, runner-up Piala Eropa pada tahun 1974, juara Piala Intercontinental pada tahun 1975, juara Liga Eropa pada tahun 2010, dan memenangkan Piala Super Eropa di tahun 2010.

Los Colchoneros (sebutan klub ini)telah bertanding di markas Vicente Calderon, yang saat ini dapat menampung hingga 54.960 penonton. Rencananya pada tahun 2015, Atletico pindah ke markas barunya, Estadio La Peineta, yang memiliki kapasitas 70.000 orang. Di kandang, klub ini mengenakan kostum atasan merah dan putih dengan motif garis vertikal, celana pendek biru, dan kaus kaki biru dan merah. Kombinasi warna kostum ini telah digunakan sejak tahun 1911.

Selama sejarah klub, Atletico telah dikenal dengan sejumlah nama panggilan, termasuk Los Colchoneros (Pembuat Kasur), karena bentuk garis-garis pada baju tim seperti bentuk fashion pada kasur yang ada saat itu. Di tahun 1970, klub ini menjadi dikenal sebagai Los Indios, karena klub memboyong pemain-pemain Amerika Selatan. Namun, ada sejumlah teori yang menentang alasan penamaan tersebut. Atletico dinamakan demikian karena Los Indios adalah musuh tradisional dari Los Vikingos atau The Viking. The Viking merupakan nama panggilan dari klub rival sekotanya yaitu Real Madrid.

Panggilan : Los Colchoneros (The Mattress Makers), Los Rojiblancos (The Red and Whites), Los Indios (The Indians)
Didirikan : April 26, 1903 dengan nama Athletic Club de Madrid
October 4, 1939 (berubah jadi Club Atlético de Madrid)
Stadion : Estadio Vicente Calderón, Madrid, Spanyol
President : Enrique Cerezo
Manager : Diego Simeone